Sunscreen Itu Penting?

Sunscreen Itu Penting?

Kenapa Sunscreen Itu Penting?

Akhir-akhir ini cuaca lagi panaaas banget. Udah memasuki bulan Oktober tapi belum ada hujan. Sekalipun. Padahal kan harusnya udah musim penghujan. Seumur hidup, kayanya ini musim kemarau terpanjang deh. Serius, nggak pernah aku sekangen ini sama rintikan air hujan. Kangen sama bau tanah yang dibasahi air hujan. Kangen kedinginan lucu di kamar kalo hujannya malem-malem atau kangen ngegalau nggak jelas sambil dengerin lagu ditemani irama jatuhnya air hujan. Sekarang berbeda, kalau siang harus selalu menyalakan kipas angin. Maklum, aku anak kosan yang pas-pasan, jadi nggak ada AC. Ada kipas angin aja syukur alhamdulillah. Karna kalo nggak ada, nggak tau deh harus apa. Yakali harus buka baju tiap hari. Walaupun kos ku khusus wanita, tapi malu juga lah yaa hahaha.

Sinar matahari pun kian hari kian menyengat. Pernah waktu itu baru juga jam 10 pagi, eh cuacanya udah 35 derajat celcius aja. Panas banget ya Allah hm. Mon map malah ngeluh. Tapi beneran deh, aku ngerasain banget perbedaan cuaca akhir-akhir ini. Jadi semakin panas, kekeringan dimana-mana, rasanya haus pengen minum terus. Bahkan di daerahku sendiri ada yang mengalami kekeringan. Kasian banget. Aku turut prihatin.


Awal Menggunakan Sunscreen

Nah sebenernya di artikel ini tuh aku bukan mau ngebahas masalah itu, tapi lebih ke gimana kita menjaga khususnya kulit wajah maupun tubuh dari sinar UV A dan UV B yang bahaya banget buat kulit, khususnya untuk kita para kaum wanita yang memiliki kulit lebih sensitif. Karena ternyata, terlalu sering terpapar sinar UV mau itu UV A atau UV B bisa menyebabkan kanker kulit. Kan serem banget ya. Mungkin ada yang belum tau kanker kulit itu gimana, tanda-tandanya apa, beserta gejalanya bisa googling ya hehe. Biar makin luas juga wawasan kita.

Maka dari itu aku ingin me-review salah satu sunscreen yang aku juga baru pakai waktu awal maba, sekitar dua tahun yang lalu. Karena ya baru sadar ternyata sunscreen itu tuh penting buat ngelindungin kulit dari bahaya sinar UV (ultraviolet). Sebelumnya aku bodoamat. Nggak kepikiran sama sekali malah. Sunscreen yang dulu aku pakai itu dari produknya Acnes yang UV Tint. Karena wajahku dulu berjerawat, (ya sekarang juga masih sih tapi nggak separah dulu). aku pakai produk skincare yang aman buat kulit berjerawat. Karena jangan salah, sinar matahari bisa memperburuk kondisi jerawat. Apalagi kulitku juga sensitive. Nggak bisa sembarangan pakai produk skincare. Makanya aku beli itu Acnes karena emang salah satu skincare yang fokus buat kulit berjerawat. 

Aku kan pas maba udah pakai skincare dari klinik, cuma memang belum ada sunscreen-nya. Jadi aku beli sendiri di luar klinik gitu. Acnes itu kemasannya kecil 30gr, tapi sebenernya isinya cukup lah ya buat beberapa bulan. Asal pakainya nggak boros aja hahaha. Harganya juga cukup murah untuk ukuran sunscreen yaitu Rp. 35.000. Tutup kemasannya warna hijau, bawahnya warna putih. Pas dipakai nyaman, warnanya meresap cepat ke kulit. Nggak menimbulkan white cast, tapi memang ada sedikit efek tint (warna) gitu setelah dipakai. Sunscreen Acnes mempunyai spf 35 PA+++. Udah cukup menurutku buat melindungi kulit kita dari sinar UV. Didalamnya juga ada vitamin E & B6 yang berfungsi untuk membantu merawat kelembaban kulit. Light medium color yang bisa juga dipakai buat alas bedak dan cocok sama kulit orang Asia. Teksturnya cair, mudah untuk diratakan. Warnanya kecoklatan. Jangan lupa untuk mengocok terlebih dahulu sebelum dipakai ya, soalnya kalau engga produk yang keluar hanya cairan bening.

sunscreen acnes

Di aku, produk ini kalau digunakan sebagai base make up kulitku jadi lebih mudah berminyak. Dari yang tadinya sedikit, lama kelamaan jadi makin banyak minyaknya. Dan akhirnya timbul jerawat. Aku belum pernah memakainya tanpa make up, tapi aku sudah merasa sepertinya memang aku tidak cocok dengan sunscreen ini. Karena aku nggak nyaman kalau beraktifitas seharian tapi kulit banyak minyaknya. Yaudah deh jadinya aku nggak beli lagi setelah produknya habis.


Memilih Sunscreen Sesuai Dengan Jenis Kulit

Setelah kurang cocok dengan sunscreen Acnes, ada satu temanku yang menyarankan sunscreen Skin Aqua UV Moisture Milk SPF 50+ PA+++. Awalnya aku merasa ragu karena takut nggak cocok lagi. Takut jerawatan parah kaya dulu lagi. Tapi temanku selalu ‘meracuni’ aku untuk mencoba pakai Skin Aqua ini. Aku coba membelinya dan ternyata harganya lebih mahal dari Acnes. Ya nggak apa-apa sih sebenernya, aku aja yang lebay hahaha. Aku beli lah itu sunscreen. Besoknya aku pakai buat ke kampus.


Skin Aqua ini sebenarnya mempunya 4 varian, namun temanku menyarankan untuk pakai yang SPF 50+. Soalnya tipe kulitku berminyak. Harga Skin Aqua ini dulu pertama kali pas aku beli Rp. 71.000, tapi aku menemukan toko lain dengan harga yang lebih murah yaitu dengan harga Rp. 44.000. Lumayan lah ya selisihnya, bisa buat jajan yang lain haha. Produk ini mengandung Improved Hyaluronic Acid (AcHA) yang berfungsi untuk kelembaban dan kelembutan pada kulit, vitamin B5 & E untuk menutrisi kulit, dan kandungan lain yang sangat baik untuk kulit. Karena produk ini juga mengandung moisturizer, jadi sekaligus bisa digunakan sebagai pelembab. Teksturnya cair, berwarna putih. Cara pakainya sama seperti Acnes, dikocok dulu sebelum pakai supaya cairan yang keluar itu merata. Skin Aqua ini mengandung silica, makanya nggak heran kalau setelah pakai kulit jadi lebih halus. Tutup botolnya berwarna biru, bawahnya putih. Isinya nggak jauh beda sama Acnes, 40gr. Ukurannya pun ramping, kecil, mudah dibawa kemana-mana. Mempermudah juga kalau mau mengaplikasikan ulang sunscreen-nya. Pokoknya jangan males pakai sunscreen karena itu penting banget! Dan harus diaplikasi ulang setiap 2-3 jam. Masalah males harus aplikasi ulang, bisa kok pakai yang spray. Tinggal semprot selesai deh. Setidaknya setiap pagi hari setelah cuci muka, jangan lupa pakai sunscreen sebelum terpapar sinar matahari yang jahat itu.

sunscreen skin aqua

Pengalaman aku setelah pakai Skin Aqua ini aku merasa kulitku jadi lebih halus, make up lebih nempel, nggak menimbulkan banyak minyak, ringan, dan cepat meresap. Aku aja udah beli yang kedua kali nih karena cinta banget sama Skin Aqua hehe. Aku rasa sih aku lebih cocok pakai yang Skin Aqua daripada Acnes. Nah untuk teman-teman yang baru mau mencari sunscreen, baiknya kenali dulu jenis kulit kalian masing-masing ya. Karena yang cocok di aku, belum tentu cocok di kulit kalian. Tapi khusus untuk Skin Aqua ini aku bisa bilang kalau cocok untuk semua jenis kulit. Soalnya temanku jenis kulitnya kering, tapi dia cocok pakai Skin Aqua yang SPF 50+. Doiku pun begitu, dia jenis kulitnya kering tapi cocok juga pakai Skin Aqua SPF 50+. Dia juga bilang kalau kulitnya jadi lebih lembab setelah pemakaian. Dan yang terakhir, jangan lupa untuk selalu double cleansing setelah pakai sunscreen ya! Ayooo jangan males skincare-an. Ini juga nyemangatin diri sendiri sih sebenernya hahaha. Okedeh segitu dulu review dari aku, see you on my next article!

Previous
Next Post »